Sebutkan Tantangan Dari Dalam Negri Dan Luar Negeri

Sebutkan tantangan dari dalam negri dan luar negeri – Indonesia mempunyai keberagaman yang luar biasa banyaknya. Keberagaman Indonesia ada pada semua bidang diantaranya pada suku, budaya, ras, dan agama. Keragaman ini menjadi tantangan dalam menjaga keutuhan dan persatuan Indonesia. Semua warga negara harus ikut serta menangkal segala ancaman yang dapat mengancam keutuhan Indonesia baik dari dalam negeri atau luar negeri.

Pembahasan Tantangan Dari Dalam Negri Dan Luar Negeri

Sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila sila ke 3, seluruh rakyat Indonesia harus berpartisipasi secara aktif dalam menjaga keutuhan Indonesia. Tantangan dalam menjaga keutuhan negara akan selalu ada. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki keberagaman budaya yang sangat banyak.

✅BAJA JUGA:  Bagaimana caranya agar keanekaragaman budaya indonesia dapatmeningkatkan kegiatan perekonomian bangsa indonesia?, "Thanks ...:)"

Tantangan Menjaga Keutuhan NKRI

Sebagai negara yang strategis dan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, Indonesia menjadi perhatian negara-negara di dunia. Banyak negara yang ingin memanfaatkan atau mengambil keuntungan dari Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk mencapai tujuannya. Salah satunya dengan memecah belah negara Indonesia.

Ancaman keutuhan NKRI dapat dibagi menjadi dua, yaitu ancaman dari dalam negeri dan luar negeri. Berikut ini beberapa contoh tantangan dalam menjaga keutuhan Indonesia dari dalam negeri:

  1. Keanekaragaman Budaya. Kondisi sosial budaya merupakan anugerah bagi Indonesia. Namun apabila tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan perselisihan antar kelompok. Perselisihan dan konflik yang dipicu oleh perbedaan suku dan agama pernah terjadi di Indonesia. Hal tersebut tidak boleh terulang karena dapat membahayakan persatuan dan kesatuan Indonesia.
  2. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi. Perbedaan sosial dan ekonomi yang terlampau jauh dapat memicu kecemburuan sosial. Rasa kecemburuan sosial dapat membuat kondisi sosial rakyat menjadi tidak rukun.
  3. Separatisme. Kejadian separatisme merupakan ancaman yang cukup besar bagi kesatuan dan persatuan Indonesia. Separatisme adalah gerakan untuk merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia. Salah satu penyebab separatisme adalah pembangunan yang tidak merata di seluruh wilayah negara.
  4. Radikalisme. Radikalisme merupakan sebuah pemikiran yang anti toleransi. Radikalisme terdapat dalam berbagai sektor kehidupan. Ideologi radikalisme dapat mengancam keutuhan keberagaman negara karena sikap intoleran dari kaum radikalisme sangat berbahaya.
✅BAJA JUGA:  Bentul-bentuk negara dan bentuk pemerintahan ?, apa aja sih??

Berikut Ini Beberapa Contoh Tantangan Dari Luar Negeri Dalam Menjaga Keutuhan Indonesia

Selain dari dalam negeri, ada juga tantangan yang datang dari luar negeri.

  1. Globalisasi. Perkembangan pasar bebas di dunia sudah berjalan begitu pesar. Negara dan seluruh rakyatnya harus mewaspadai segala hal yang masuk ke dalam negeri. Arus globalisasi tidak hanya berada pada sektor ekonomi tapi juga budaya. Budaya yang datang tidak boleh serta merta diterima apabila tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  2. Intervensi Asing. Kedaulatan sebuah negara dapat sangat terancam apabila negara lain ikut campur dalam urusan dalam negeri. Intervensi asing dalam aspek apapun tidak boleh dibiarkan. Terlebih lagi apabila intervensi tersebut membahayakan kesatuan dan persatuan indonesia
  3. Jaringan Narkoba Internasional. Narkoba adalah musuh negara no 1. Jaringan narkoba yang masuk ke Indonesia dapat merusak generasi bangsa. Rusaknya generasi bangsa dapat tercermin pada berkurangnya rasa nasionalisme, sikap egois, dan berkurangnya rasa toleransi antar warga negara.
✅BAJA JUGA:  Jelaskan bentuk kerja sama ekonomi yang dilakukan bangsa Indonesia dengan negara lain!, 2. Jelaskan prinsip yang harus diperhatikan dalam membangun hubungan kerja sama antarnegara!