Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah

Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah…

a. glukosa + O2 → CO2 + H2O + energi
b. glukosa + O2 → CO2 + alkohol + energi
c. glukosa → CO2 + alkohol + energi
d. glukosa → CO2 + H2O + energi

✅BAJA JUGA:  Tembok rumah hasan retak karena gempa bumi. hasan mendorong tembok dengan gaya 500N, tetapi tembok tidak bergerak. tentukan usaha yang dilakukan hasa!

Jawaban:Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah…

c. glukosa → CO2 + alkohol + energi

Pembahasan:Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi

Tape dibuat dengan fermentasi untuk mengurai karbohidrat (berupa glukosa) di singkong atau ubi kayu. Fermentasi ini dilakukan dengan bantuan ragi yang mengandung mikroba.

Ragi ini berasal dari berbagai jenis jamur seperti Aspergillus oryzae, Rhizopus oryzae, Amylomyces rouxii, Saccharomyces cerevisiae, Endomycopsis burtonii dan Saccharomycopsis fibuliger. Fermentasi membuat singkong yang keras menjadi tape yang lunak dan berair.

✅BAJA JUGA:  Radio pada awalnya digunakan oleh para pelaut untuk mengirimkan pesan telegram menggunakan kode morse kepada stasiun operator di daratan. Tokoh penemu radio adalah

Fermentasi adalah contoh dari respirasi anaerob (respirasi yang tidak membutuhkan oksigen). Dalam fermentasi ini terjadi proses di mana karbohidrat (seperti dalam glukosa dari singkong dalam soal ini) terurai akibat respirasi anaerob, menjadi alkohol dan gas karbon dioksida yang lebih sederhana, dan menghasilkan energi bagi mikroba.

Reaksi fermentasi adalah:

C6H12O6 (glukosa) → 2 C2H5OH (ethanol atau alkohol) + 2 CO2 (karbon dioksida) + energi

✅BAJA JUGA:  Komoditas apakah yang diminati dalam perdagangan internasional

Fermentasi akan mengubah tekstur dan rasa makanan, dan makanan akan lebih awet dan tahan lama. Fermentasi adalah merupakan perubahan kimia, sebab terjadi perubahan dengan reaksi kimia dan terjadi pembentukan senyawa baru.