Contoh perhitungan uji kenormalan data dengan mengunakan tabel goodness of fit

Soal Dari





Contoh perhitungan uji kenormalan data dengan mengunakan tabel goodness of fit




 Jawaban Yang Tepat Adalah


Ini sepertinya soal per kuliahan ini, goodness of fit adalah uji untuk mengetahui tingkat normalitas dari sebuah data agar dipastikan terhindar dari autokorelasi, heteroskedastisitas, dan multikolininearitas

Saya kurang tahu apakah di tingkat SMA hal ini sudah diajarkan, tapi karena ditanyakan maka saya berusaha menjawab.

✅BAJA JUGA:  Titik berat pelat yang bentuknya seperti gambar dibawwah adalah

Untuk uji auto korelasi berfungsi mencari apakah ada gangguan pada data karena data yang digunakan berhubungan dengan data pada periode peridoe sebelumnya yang membuat sampel random menjadi tidak efektif. Rule of thumb nya pake uji durbit watson.
Kemudian untuk uji heterokedastisitas adalah menguji apakah ada varian yang besar sehingga membuat standar deviasi melebihi rata ratanya dan membuat bias dalam membaca hasil. Kalau ini bisa menggunakan uji table t.
Sedangkan uji multikolineritas adalah mencari apakah hubungan antar variabel independen lebih besar dari dependen kalau ini menggunakan uji F -test.

✅BAJA JUGA:  Apa itu sawah berundak

Kalau model sudah terbebas dari semua kesalahan ini (3) maka bisa dilihat dari tabel anova apakah adj r square nya besar. Contoh apabila r square nya (50%) maka artinya 50% dari fenomena yang diteliti bisa dicari / direpresentasikan dengan model tersebut.

Materi ini sudah masuk ke materi ekonometri untuk anak kuliah tingkat akhir, tapi dibahas tidak apa apa karena berkaitan juga dengan matematika. 

✅BAJA JUGA:  Perbedaan fungsi dengan peran

Sukses ya



Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *