Contoh kelompok yang terikat oleh solidaritas organisasi yaitu

Contoh kelompok yang terikat oleh solidaritas organisasi yaitu

A. Kelompok pemain musik

B. Kelompok grup tari daerah

C. Kelompok belajar siswa

D. Organisasi profesi

E. Kelompok pedagang asongan

Penjelasan:

Materi yang dibahas pada soal adalah kelompok sosial.

Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Oleh karena itu, kelompok sosial bukan hanya merupakan kumpulan manusia, tetapi juga mempunyai suatu ikatan psikologis yang diwujudkan dalam bentuk interaksi sosial secara tetap dan teratur.

✅BAJA JUGA:  Diket. deret aritmatika dengan U3 = 15 dan U2+U5 = 32. jumlah lima belas suku pertama deret tersbt ?

Tipe kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto terbagi menjadi dua, yaitu kelompok formal (formal group) dan kelompok informal (informal group).

Kelompok formal (formal group) merupakan kelompok yang memiliki peraturan-peraturan dan tugas yang dengan sengaja dibuat untuk mengatur hubungan antar anggotanya. Kelompok ini terbentuk secara resmi demi mencapai tujuan tertentu. Pola hubungan pada kelompok formal didasarkan pada struktur dan tujuan yang sama.

✅BAJA JUGA:  Pada pengungkit,jika lengan kuasa diperpendek,gaya akan

Pada soal ini, dalam organisasi profesi terdapat struktur dan tujuan yang jelas, seperti PGRI atau IDI. Relasi hubungan antarguru atau antardokter terdapat struktur dan tujuan yang jelas serta tergabung dalam organisasi yang sifatnya formal. Dan solidaritas tercipta karena adanya hubungan yang formal.

Jawaban:

Jadi jawaban Yang Tepat Adalah (D).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *