Apa yang dimaksud dengan okulasi?

Soal Dari





Apa yang dimaksud dengan okulasi?




 Jawaban Yang Tepat Adalah


  • Okulasi atau menempel adalah penempelan atau penggabungan mata tunas pada batang tanaman sejenis yang akan dijadikan induk.
  • Okulasi adalah salah satu cara memperbaiki kualitas tumbuhan secara vegetatif buatan.

Pembahasan

Okulasi dilakukan dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman lain, dengan teknik dasar yakni penempelan atau penggabungan batang bawah dengan batang bagian atas.

Tujuan okulasi adalah sebagai berikut:

  • Menggabungkan sifat yang baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan variasi sifat tumbuhan yang baik.
  • Menggabungkan dua tumbuhan yang berbeda sifatnya, sehingga dihasilkan tumbuhan yang memiliki dua jenis buah atau bunga yang berbeda.
✅BAJA JUGA:  Tulisan yang pembahasannya searah, setuju, dan bersifat mendukung topik yang menjadi bahasan pada diskusi yang ada dalam teks. hal yang dimaksud adalah...

Struktur tumbuhan yang akan ditempeli harus kuat. Sebagai contoh, okulasi pada bunga mawar akan menghasilkan dua warna atau lebih yang berbeda. Perhatikan pada buah mangga, batang bawah memiliki struktur akar yang kuat dan dalam serta tahan terhadap penyakit. Batang atas berbuah banyak, besar, dan manis.

Dengan okulasi batang bawah terhadap batang atas, bisa diperoleh pohon mangga dengan akar yang kuat dan tahan terhadap penyakit sekaligus berbuah lebat dan manis. Pada umumnya okulasi dapat mempercepat tanaman berbuah karena batang atas sudah melewati masa muda.

✅BAJA JUGA:  Apa artinya shawty ?

Langkah-langkah dalam melakukan okulasi adalah sebagai berikut.

  1. Kita ambil mata tunas pada tanaman A.
  2. Sayat kulit batang pada tanaman B hingga cukup memanjang.
  3. Tempelkan mata tunas tanaman A ke batang tanaman B yang kulitnya telah disayat dan dibuka sebagian.
  4. Kelebihan kulit batang ditutup dengan tali plastik. Ikat dengan kencang sambungan mata tunas dan batang. Okulasi yang berhasil ditunjukkan dengan mata tunas akan berwarna hijau, tumbuh dan menyatu dengan batang utama.

Pelajari lebih lanjut

  1. Kesimpulan dari perkembangan vegetatif brainly.co.id/tugas/3055663
  2. Reproduksi perkembangan vegetatif dan generatif tumbuhan brainly.co.id/tugas/2880991
✅BAJA JUGA:  Unsur unsur peta yang memiliki luas digambar dengan simbol ?

———————-

Detil jawaban

Kelas            : VIII

Mapel          : Biologi

Bab              : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kode            : 8.4.6

Kata Kunci : apa yang dimaksud okulasi, menempel, penempelan, gabung, batang, atas, bawah, mata tunas, sifat, buah, bunga, mawar, warna, berbeda, mangga, akar, kuat, lebat, manis, perkembangbiakan tumbuhan, vegetatif buatan, brainly













Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *