Dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk

Dampak positif dan negatif dari mobilitas penduduk 

Jawaban:

Dampak negatif
Konflik antarkelasDalam masyarakat, terdapat lapisan-lapisan sosial karena ukuran-ukuran seperti kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan. Kelompok dalam lapisan-lapisan tadi disebut kelas sosial.Apabila terjadi perbedaan kepentingan antara kelas-kelas sosial yangada di masyarakat dalam mobilitas sosial maka akan muncul konflikantarkelas.Contoh: demonstrasi buruh yang menuntuk kenaikan upah, menggambarkan konflik antara kelas buruh dengan pengusaha.
Konflik antar kelompok sosialDi dalam masyatakat terdapat pula kelompok sosial yang beraneka ragam. Di antaranya kelompok sosial berdasarkan ideologi, profesi, agama, suku, dan ras. Bila salah satu kelompok berusaha untuk menguasai kelompok lain atau terjadi pemaksaan, maka timbul konflik.Contoh: tawuran pelajar, perang antarkampung.
Konflik antargenerasiKonflik antar generasi terjadi antara generasi tua yangmempertahankan nilai-nilai lama dan generasi mudah yang ingin mengadakanperubahan.Contoh: Pergaulan bebas yang saat ini banyak dilakukan kaum muda di Indonesia sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut generasi tua.
Penyesuaian kembaliSetiap konflikpada dasarnya ingin menguasai atau mengalahkan lawan. Bagi pihak-pihakyang berkonflik bila menyadari bahwa konflik itu lebih banyak merugikankelompoknya, maka akan timbul penyesuaian kembali yang didasari olehadanya rasa toleransi atau rasa penyesuaian kembali yang didasari olehadanya rasa toleransi atau rasa saling menghargai. Penyesuaian semacam ini disebut Akomodasi.Dampak positif
Orang-orang akan berusaha untuk berprestasi atau berusahauntuk maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Kesempatan inimendorong orang untuk mau bersaing, dan bekerja keras agar dapat naik kestrata atas.Contoh: Seorang anak miskin berusaha belajar dengan giat agar mendapatkan kekayaan dimasa depan.
Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.Contoh: Indonesia yang sedang mengalami perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri.Perubahan ini akan lebih cepat terjadi jika didukung oleh sumber dayayang memiliki kualitas. Kondisi ini perlu didukung dengan peningkatandalam bidang pendidikan.

Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

✅BAJA JUGA:  waidan.B Panelewen (kepala bagian Radio) dan F. Wuz (markonis) berkebangsaan mana ? (orang dari negara mana) ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.