Sebutkan 5 contoh perpindahan panas secara konveksi

Sebutkan 5 contoh perpindahan panas secara konveksi

Jawaban:

 

5 contoh untuk perpindahan panas secara konveksi yaitu terjadinya angin darat dan laut, air ketika dipanaskan akan mendidih merata, asap pada cerobong akan bergerak naik, gerakan yang terjadi pada balon udara dan gerakan naik turun pada kedelai saat saat dipanaskan.

✅BAJA JUGA:  5 Contoh novel dengan tema pendidikan seperti (endensor, laskar pelangi, sang pemimpi) tapi selain itu ya

 

Pembahasan

Tiga cara perpindahan kalor yaitu perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.

Perpindahan konduksi yaitu perpindahan kalor dengan zat perantara dan tidak disertai perpindahan partikel – partikel zat. Contoh untuk perpindahan kalor secara konduksi adalah ketika kita memanaskan salah satu ujung logam, maka ujung logam lainnya akan ikut panas, tutup panci akan terasa panas ketika digunakan untuk memasak, air akan mendidih ketika dipanaskan dengan panci logam, knalpot menjadi panas ketika mesinnya dihidupkan, sendok akan menjadi panas ketika dimasukan air panas dan lain sebagainya.

✅BAJA JUGA:  Apa kepanjangan dari NKRI ??

Perpindahan konveksi yaitu perpindahan kalor melalui suatu zat dan terjadi perpindahan pada zat- zat tersebut.

Perpindahan radiasi yaitu perpindahan kalor tanpa zat perantara. Sedangkan untuk contoh perpindahan kalor secara radiasi yaitu panas matahari yang sampai ke bumi, ketika kita duduk didepan api unggun badan menjadi hangat, baju yang dijemur menjadi kering dibawah sinar matahari dan lain sebagainya.

✅BAJA JUGA:  Sebuah pengukuran berat dipermukaan Bumi menunjukkan 98 N jika percepatan gravitasinya 9,8 N/Kg. Berapakah pemunjukan neraca pegas jika benda tersebut diukur di permukaan Bulan yang percepatan gravitasinya 1,6 N/Kg?

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Fisika

Bab: suhu, pemuaian dan kalor

Kode: 7.6.7

Kata kunci: kalor, perpindahan kalor, konveksi, radiasi, konduksi

Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.