Bentuk-bentuk usaha bela negara menurut UURI no.3 tahun 2002

Bentuk-bentuk usaha bela negara menurut UURI no.3 tahun 2002

Jawaban:

Bentuk-bentuk dari usaha bela negara menurut UURI no.3 tahun 2002, antara lain yaitu:

1. Yang pertama adalah Pendidikan Kewarganegaraan

2. Yang kedua adalah Pelatihan Dasar Kemiliteran

3. Yang ketiga adalah Pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia

4. Yang keempat adalah Pengabdian sesuai dengan keahlian atau profesi

Pembahasan

1. Bentuk usaha bela negara dari Pendidikan Kewarganegaraan

Pada Pasal 7 ayat 1 dan 2 pada Undang – undang Dasar Rakyat Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas. Yang Dimana yaitu menjelaskan bahwa pada pelajaran ini harus wajib diajarkan pada tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan juga tingkat pendidikan tinggi. Pendidikan kewarganegaraan sendiri dapat menciptakan jiwa patriotik, rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan serta pula kesetiakawanan sosialnya , dan juga kesadaran akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sendiri, dan juga sikap dalam menghargai jasa para pahlawannya. Pendidikan kewarganegaraan ini dapat memberikan pemahaman, analisis, dan juga dapat menjawab suatu masalah yang dihadapi oleh masyarakat, bangsa, dan negara.

✅BAJA JUGA:  Cara Meningkatkan Kualitas Pendidikan Geografis Ekonomi Sosial Budaya

2. Bentuk usaha bela negara dari Pelatihan Dasar Kemiliteran

Pelatihan dasar kepemimpinan juga terdapat di sekolah menengah dan kemahasiswaan. Dalam unsur mahasiswa terdapat dalam organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa), yang dimana harus mengikuti pelatihan dasar kemiliteran. Sedangkann untuk Sekolah Menengah sendiri terdapat organisasi seperti Pramuka, Paskibra, Palang merah remaja (PMR ) dan beberapa organisasi lainnya , didalam organisasi ini yang sudah menerapkan dasar-dasar kemiliteran.

✅BAJA JUGA:  Setujukah kalau artis masuk dunia politik?

3. Bentuk usaha bela negara dari Pengabdian sebagai Tentara Nasional Indonesia

Dalam Undang – undang Dasar Negara Republik Indonesia, pada pasal 30 ayat 2 Tahun 1945 yang dimana disebutkan bahwa TNI dan Polri sendiri merupakan suatu unsur utama dalam usaha pertahanan dan keamanan dari rakyat. Jadi, Setiap warga juga berhak dalam mengabdi sebagai prajurit TNI dan Polri melalui beberapa syarat – syarat tertentu.

4. Bentuk usaha bela negara dari Pengabdian sesuai dengan keahlian atau profesinya

✅BAJA JUGA:  mengapa jenis lembaga keluarga,agama,ekonomi,pendidikan,budaya,dan politik berkembang di masyarakat ?

Bela negara ada memiliki banyak usaha yang bisa dilakukannya, contohnya seperti seorang atlet nasional yang dapat mengharumkan nama bangsa negaranya dengan meraih dan mendapatkan medali emas dalam pertandingan olahraganya. Pengabdian sesuai profesi juga adalah salah satu bentuk dalam pengabdian warga untuk kepentingan dari pertahanan negara yang termasuk dalam menanggulangi suatu akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencanan alam, atau lainnya.

Bela negara sendiri merupaka  suatu tindakan kewajiban atau suatu kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan juga rela berkorban.

——————————————-

Detail jawaban

Kelas : 9 – SMP

Mapel : PKN

Bab : Bela Negara

Kode :

Kata Kunci :  Bela negara, usaha bela negara

Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.