Sebanyak 32 gram serbuk sulfur di reaksikan dengan gas oksigen menghasilkan gas sulfur dioksida sebanyak 64 gram. Berapakah massa gas oksigen yang bereaksi

Sebanyak 32 gram serbuk sulfur di reaksikan dengan gas oksigen menghasilkan gas sulfur dioksida sebanyak 64 gram. Berapakah massa gas oksigen yang bereaksi

Jawaban:

Massa gas oksigen yang bereaksi adalah 32 gram. Pernyataan yang ada pada soal sesuai dengan hukum Lavoisier. Hukum Lavoisier dikenal juga sebagai hukum kekekalan massa. Massa zat sebelum reaksi sama dengan massa sesudah reaksi.

Pembahasan

Hukum dasar kimia merupakan hukum dasar yang digunakan dalam stoikiometri (perhitungan kimia). Berikut beberapa hokum dasar yang dgunakan dalam penghitungan kimia:

1) Hukum Lavoisier (Kekekalan Massa)

Hukum ini dikenal juga sebagai hokum kekekalan massa. Pada hokum ini dinyatakan bahwa dalam sistem tertutup, massa zat sebelum dan sesudah reaksi adalah tetap. Dalam hal ini, berarti suatu zat yang mengalami reaksi kimia tidak berubah massa. Oleh karena itu, reaktan memiliki massa yang sama dengan produk yang dihasilkannya. Contohnya adalah:

✅BAJA JUGA:  Jika diketahui g(x)=x²-6x, h(x)=7-3x, a. (g₀h)(x) =, b. (h₀g)(x) =

A    +   B       →  AB

5 g   5 g         10 g

2) Hukum Proust (Hukum Perbandingan Tetap)

Hukum Proust menyatakan perbandingan massa unsur-unsur pembentuk suatu senyawa selalu tetap.

Suatu zat yang direaksikan akan selalu memiliki perbandingan yang sama untuk membentuk suatu senyawa. Berikut contoh penerapan hukum perbandingan tetap:

2H₂ +  O₂ → 2H₂O

1 g      8 g      9 g

2 g     16 g    18 g

Perbandingan H dan O pada senyawa I dan II adalah sama yaitu 1 : 8.

3) Hukum Dalton (Hukum Perbandingan Berganda)

Hukum Dalton menjelaskan bahwa dua unsur atau lebih dapat membentuk lebih dari satu senyawa yang berbeda. HUkum ini menyatakan bahwa bila dua unsur dapat membentuk dua senyawa atau lebih, unsur pertama massanya tetap, unsur kedua akan menghasilkan suatu perbandingan bilangan bulat sederhana.

✅BAJA JUGA:  Pada tahun 1956, pejuang garudadibawa ke timur tengah untuk melakukan perang apa?

Contoh:

Unsur C dan O dapat membentuk senyawa CO, CO2 dan CO3 dengan nilai C tetap. Oleh karena itu, unsur O pada ketiga senyawa berbanding 1 : 2 : 3.

4) Hukum Gay-Lussac (Hukum Perbandingan Volume)

“Pada suhu dan tekanan yang sama perbandingan volume gas-gas yang bereaksi dan hasil reaksi berbanding sebagai bilangan bulat”.

Hukum perbandingan volume (Gay Lussac):

(Koef A/ koef B) = (Volume A : volume B)

Contoh:

Jika 20 L nitrogen direaksikan dengan hidrogen sesuai reaksi berikut,

N₂ (g) + 3H₂ (g)  → 2NH₃ (g)

Perbandingan koefisien reaksinya 1 : 3 : 2, dan volumenya pun memiliki perbandingan sama, jadi volume H₂ 60 L, dan volume NH₃ 40 L.

5) Hipotesis Avogadro

Hipotesis Avogadro menjelaskan bahwa perbandingan tersebut berlaku pula dalam molekul secara keseluruhan. Hipotesisnya adalah pada suhu dan tekanan yang sama, semua gas yang bervolume sama memiliki jumlah molekul yang sama pula.

✅BAJA JUGA:  Mengapa indonesia belum mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal?

Pada Kasus di atas

Pada soal diatas diketahui beberapa data yaitu:

m S = 32 gram

m SO₂ = 64 gram

Adapun yang ditanyakan adalah massa gas O₂ yang bereaksi.

Pernyataan yang terdapat pada soal sesuai dengan hukum kekekalan massa dari Lavoisier. JIka massa zat dianggap tidak ada yang hilang maka massa sebelum reaksi sama dengan massa sesudah reaksi. Reaksi yang terjadi antara sulfur dan gas oksigen adalah sebagai berikut:

S + O₂ → SO₂

Karena massa sebelum sama dengan massa sesudah maka:

m S + m O₂ = m SO₂

32   + m O₂ = 64

m O₂ = 64 – 32

m O₂ = 32 gram

Jadi massa gas O₂ yang bereaksi adalah 32 gram.

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Kimia

Bab: Hukum dasar perhitungan kimia

Kode: 10.7.8

#AyoBelajar

Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.