jika diuji dengan alat penguji elektrolit,ternyata larutan NH3 0,1 M merupakan konduktor lebih buruk daripada larutan NaCl 0,1M,mengapa demikian ?

Soal:





jika diuji dengan alat penguji elektrolit,ternyata larutan NH3 0,1 M merupakan konduktor lebih buruk daripada larutan NaCl 0,1M,mengapa demikian ?




 Jawaban:


jika diuji dengan alat penguji elektrolit,ternyata larutan NH₃ 0,1 M merupakan konduktor lebih buruk daripada larutan NaCl 0,1M adalah

karena larutan NH₃ merupakan basa lemah, ketika larutan NH₃ dilarutkan dalam pelarutnya (air) akan terurai sebagian kecil menjadi ion-ion. Sedangkan larutan NaCl merupakan garam kuat (netral) termasuk larutan elektrolit kuat jika dalam larutannya akan terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion.

Sehingga larutan NH₃ memiliki daya hantar listrik yang buruk dan larutan NaCl memiliki daya hantar listrik yang baik. Larutan NH₃ memiliki jumlah ion yang lebih sedikit (terurai sebagian) daripada NaCl (terurai sempurna), semakin sedikit jumlah ion dalam larutan elektrolit semakin sedikit pula kemampuan larutan dalam menghantarkan listrik.

Pembahasan



Larutan elektrolit adalah zat yang dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya dapat menghantarkan listrik. Hal ini dikarenakan larutan elektrolit terionisasi dalam pelarutnya.

1. Larutan elektrolit kuat adalah elektrolit yang dapat terionisasi sempurna atau hampir sempurna menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan umumnya menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang baik.

✅BAJA JUGA:  Identifikasilah tiga keuntungan penduduk yang tinggal diwilayah pantai

2. Larutan elektrolit lemah adalah elektrolit yang hanya terurai sebagian kecil menjadi ion-ion dalam pelarutnya dan menghasilkan larutan dengan daya hantar listrik yang buruk.



Larutan non elektrolit adalah zat yang tidak dapat membentuk ion-ion dalam pelarutnya sehingga larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik.


 

Larutan Elektrolit Kuat  

1. Senyawa ion  

2. Sneyawa kovalen polar  

3. Larutan asam atau basa kuat  

4. Larutan garam (asam kuat + basa kuat)  

5. Terionisais sempurna  

6. Daya hantar listrik yang baik  

7. Ciri percobaan : nyala lampu terang dan banyak gelembung gas  

Contoh :  

Asam : HCl, H₂SO₄  

Basa: NaOH, Ca(OH)₂  

Garam : NaCl, CaSO₄  

Larutan Elektrolit Lemah  

1. Senyawa kovalen polar  

2. Larutan asam atau basa lemah  

3. Terionisasi sebagian  

4. Daya hantar listrik yang buruk  

5. Ciri percobaan : nyala lampu redup, sedikit gelembung gas atau lampu tidak menyala, sedikit gelembung gas  

Contoh :  

Asam : H₂CO₃, CH₃COOH  

Basa : NH₃

Larutan Non Elektrolit  

✅BAJA JUGA:  Meliputi apa sajakah perjuangan menuju NKRI ?

1. Senyawa kovalen non polar  

2. Tidak terionisasi  

3. Tidak menghantarkan arus listrik  

4. Ciri percobaan : lampu tidak menyala dan tidak ada gelembung gas  

Contoh :  

C₂H₅OH, C₆H₁₂O₆, C₁₂H₂₂O₁₁, CO(NH₂)₂  



1. Senyawa ion

Untuk senyawa ion (ikatan ion) yaitu senyawa yang terbentuk dari logam dan non logam yang berikatan ion. Dalam bentuk padatan (solid), senyawa ion tidak dapat menghantarkan arus listrik karena ion – ionnya tidak dapat bergerak bebas disebabkan terperangkap dalam bentuk padatan atau kristal yang terikat kuat dan rapat. Sedangkan dalam bentuk lelehan (liquid) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas. Begitu juga dengan dalam bentuk larutan (aq) dapat menghantarkan listrik karena ion – ion nya dapat bergerak bebas. Bila arus listrik dihubungkan, kation bergerak menuju katode dan anion bergerak menuju anode sehingga arus listrik dapat mengalir.

Contoh : NaOH, Ca(OH)₂ , NaCl, CaSO₄,  MgCl₂, KBr


2. Senyawa kovalen polar

Untuk senyawa kovalen (iktan kovalen) yaitu senyawa yang terbentuk dari non logam dan non logam yang berikatan kovalen. Dalam bentuk pdatan (solid), tidak dapat menghantarkan listrik karena terdiri dari molekul – molekul netral yang tidak bermuatan. Sedangkan dalam bentuk lelehan (liquid) juga tidak dapat menghantarkan arus listrik karena juga terdiri dari molekul – molekul netral walaupun dapat bergerak. Tetapi berbeda jika dalam larutan (aq) molekul – molekulnya dapat terhidrolisis menjadi ion – ion yang dapat bergerak bebas.

✅BAJA JUGA:  Rumus kecepatan sinar gama yang di tembakan pada sebuah partikel

Contoh : HCl, H₂SO₄, HNO₃, CH₃COOH


3. Senyawa kovalen non polar

Baik dalam bentuk padatan, lelehan dan larutannya tidak dapat menghantarkan arus listrik karena terdiri dari molekul – molekul netral yang tidka bermuatan dan tidak dapat bergerak.

Contoh : C₂H₅OH, C₆H₁₂O₆, C₁₂H₂₂O₁₁, CO(NH₂)₂


———————————————-


Mapel : Kimia

Bab : Larutan elektrolit dan non elektrolit

Kelas : X

Semester : 2

Kode : 10.7.5

Kata kunci :  elektrolit, non elektrolit, elektrolit kuat, elektrolit lemah, basa lemah, garam netral





















Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.