Bagaimana hasil pengindraan terhadap air biasa oleh tangan kanan dan tangan kiri

Bagaimana hasil pengindraan terhadap air biasa oleh tangan kanan dan tangan kiri

Jawaban:

Hasil penginderaan terhadap air biasa  oleh tangan kanan dan tangan kiri adalah bisa berbeda. Karena hasil penginderaan dipengaruhi oleh suhu benda yang disentuh tangan sebelum menyentuh air biasa.

Pembahasan

 

TANGAN SEBAGAI ALAT UKUR SUHU

 

✅BAJA JUGA:  Bacalah teks berikut !, Andi adalah anak yatim. Sejak ayahnya meninggal ia sangat manja kepada ibunya. Semua permintaannya harus dituruti dengan secepatnya. Jika permintaannya tidak dituruti maka ia akan marah kepada ibunya. Padahal ibunya hanya berjualan kue. Lama kelamaan Andi mempunyai permintaan yang sangat banyak dan permintaan itu harus dituruti dengan cepat. Sang Ibu hanya terdiam karena ia tidak mempunyai uang. Keesokan harinya permintaan Andi belum dituruti oleh ibunya. Andi sangat marah. Lalu Andi meninggalkanrumah. Sang Ibu menangis karena ditinggal anaknya., Sudah sehari Andi pergi meninggalkan rumah. Sang Ibu khawatir dengan keadaan anaknya. Lalu sang Ibu mencari anaknya. Setelah seharian sang Ibumencari anaknya, lalu ia melihat keramaian di jalan raya. Sang Ibu segera melihat kejadian itu, ternyata anaknya baru tertabrak mobil., Apakah Andi anak durhaka. Jelaskan pendapatmu !

Suhu adalah derajat panas suatu benda. Alat ukur suhu adalah termometer. Tangan sama sekali tidak dipakai sebagai alat ukur suhu. Karena hasil pengukurannya tidak dapat dinyatakan dalam angka atau nilai serta hasilnya dipengaruhi dengan benda lain yang sebelumnya kita sentuh.

Percobaan untuk membuktikannya, sediakan tiga mangkok air. Mangkok pertama berisi air hangat. Mangkok kedua berisi air bersuhu normal atau biasa. Mangkok ketiga berisi air es.

✅BAJA JUGA:  Di bawah ini yang termasuk karakteriristik kewirausahaan, kecuali

Secara bersamaan, celupkan tangan kanan di mangkok pertama dan tangan kiri di mangkok ketiga. Diamkan setelah beberapa lama.

Angkat kedua tangan lalu celupkan bersamaan ke mangkok kedua. Tangan kanan akan merasa air di mangkok kedua berisi air dingin. Sementara, untuk tangan kiri, air di mangkok kedua akan terasa hangat. Padahal, suhu air dinmangkok kedua tidak berubah.

Kondisi ini dipengaruhi suhu benda yang kita sentuh sebelumnya. Maka, tangan tidak bisa dijadikan alat ukur suhu.

✅BAJA JUGA:  Dengan menggunakan matriks persegi, tunjukkan bahwa (B^-1)^-1=B, dan B^t^-1=B^-1^t

Diketahui:

Tangan kanan dan tangan kiri memegang air biasa.

Ditanyakan:

Hasil penginderaan ?

Penjelasan:

Hasil penginderaan terhadap air biasa  oleh tangan kanan dan tangan kiri adalah bisa berbeda. Karena hasil penginderaan dipengaruhi oleh suhu benda yang disentuh tangan sebelum menyentuh air biasa.

Detail Jawaban

Kelas : VI

Mapel : Sains

Bab : Hubungan Suhu, Sifat, Hantaran Dan Kegunaan Benda

Kode : 6.4.5.

Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.