Di antara atom-atom unsur berikut, yg paling mudah membentuk ion negatif adalah . . ., A.6C, B.7N, C.9F, D.10Ne, E.19K, Nb: dengan alasannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih :) (y)

Soal:





Di antara atom-atom unsur berikut, yg paling mudah membentuk ion negatif adalah . . .


A.6C

B.7N

C.9F

D.10Ne

E.19K

Nb: dengan alasannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih 🙂 (y)




 Jawaban:


Penjelasan:


⇒ Unsur gas mulia ₁₀Ne tak dapat menjadi ion negatif karena konfigurasi elektronnya stabil (oktet).

✅BAJA JUGA:  buatlah daftar aplikasi (percobaan) dari metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kegiatan industri


⇒ Unsur ₁₉K bersifat elektropositif atau cenderung membentuk ion positif (kation), yakni melepas 1 elektron valensinya agar mencapai oktet saat berikatan dengan ion negatif (anion) lain.


⇒ Ion negatif atau anion adalah unsur yang cenderung menangkap elektron agar konfigurasi elektron mencapai keadaan oktet (stabil). Unsur yang paling mudah membentuk ion negatif adalah unsur yang paling bersifat elektronegatif atau dengan kata lain harga keelektronegatifan tertinggi.

✅BAJA JUGA:  Seorang pejalan kaki melakukan usaha 2,5 x 10*5 J dalam suatu latihan rutin. Energi dalamnya berkurang 6,8 x 10*5 J. Berapa besar kalor yang dia serap atau keluarkan? (Anda harus menetapkan menyerep atau mengeluarkan)


⇒ Sesuai sifat periodik, unsur yang memiliki harga keelektronegatifan tertinggi adalah ₉F.



Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.