Mengapa tumbuhan rafflesia arnoldii dikatakan tumbuhan parasit?

Soal:





Mengapa tumbuhan rafflesia arnoldii dikatakan tumbuhan parasit?




 Jawaban:


Kelas: XI
Mata pelajaran: Biologi
Materi: Tumbuhan
Kata kunci: Penyerapan Bun

Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini dengan dua jawaban:

Jawaban pendek:

Tumbuhan Rafflesia arnoldii dikatakan tumbuhan parasit karena mengambil nutrisi untuk hidup dari tumbuhan lain yang menjadi inangnya.

Jawaban panjang:

Rafflesia tidak memiliki daun sama sekali. Sehingga, Rafflesia tidak dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan nutrisi.

✅BAJA JUGA:  Sebutkan tahapan pembinaan persatuan bangsa indonesia yang paling menonjol

Untuk bisa hidup tumbuhan ini harus hidup sebagai parasit di tumbuhan lain dengan menancapkan akarnya ke tumbuhan inang dan menyedot nutrisinya. Karena itu, Rafflesia disebut tanaman parasit.

Tumbuhan Rafflesia sama sekali tidak terlihat kecuali bila tumbuhan ini mukai berbunga. Pada kondisi biasa, batang tumbuhan Rafflesia tersembunyi di tumbuhan yang menjadi inangnya. Baru ketika berbunga tumbuhan ini nampak dari permukaan.

✅BAJA JUGA:  Gimana sih cara ngedownlod musik tarian dari google?

Rafflesia adalah genus tanaman yang banyak terdapat di Asia Tenggara, yaitu di Sumatera, Kalimantan, dan Filipina. Salah satu spesies di genus ini adalah Raflesia arnoldii yang merupakan bunga nasional Indonesia.

Tumbuhan ini memiliki bunga yang sangat besar, dengan diameter 50 cm hingga 1 meter, tinggi hingga 50 cm dan berat dapat mencapai 11 kg. Bunga Rafflesia ini adalah bunga terbesar dari tumbuhan manapun.

✅BAJA JUGA:  Keluarga batih artinya

Bunga ini memiliki bau sangat busuk, yang digunakan untuk memancing serangga agar masuk ke bunga ini dan membantu penyerbukan.

Masa berbunga tanaman ini sangat pendek, hanya sekitar satu minggu. Tanaman Rafflesia umumnya mulai berbunga saat berusia 9 bulan.



Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.