Apa perbedaan bpupki dan ppki

Soal:





Apa perbedaan bpupki dan ppki




 Jawaban:


BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Kosakai) yang dibentuk oleh pemerintah jepang pada tanggal 29 April 1945. BPUPKI dibentuk sebagai usaha pemerintah Jepang agar bangsa Indonesia mau membantu Pemerintah jepang dengan menjanjikan kemerdekaan sebagai imbalannya.

PPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Badan ini dibentuk oleh Indonesia dengan tujuan untuk mempersiapkan persiapan kemerdekaan.

Berikut adalah rincian mengenai perbedaan BPUPKI dan PPKI :

  • Berdasarkan dari kepanjangannya, BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sedangkan PPKI adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
  • Berdasarkan Istilah dalam bahasa Jepang, BPUPKI adalah Dokuritsu Junbi Cosakai. Sedangkan PPKI adalah Dokuritsu Junbi Inkai.
  • Berdasarkan Tanggal dibentuknya, BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 dan PPKI pada tanggal 7 Agustus 1945.
  • Berdasarkan tujuan dibentuk, BPUPKI dibentuk untuk merencanakan segala persiapan mengenai hal hal dalam persiapan kemerdekaan Indonesia. Sedangkan PPKI dibentuk untuk mewujudkan janji kemerdekaan yang telah diberikan jepang kepada Indonesia.
  • Berdasarkan alasan dibentuknya, BPUPKI dibentuk karena jepang ingin meminta pertolongan kepada indonesia. Sedangkan PPKI dibentuk karena telah di bomnya kota Hiroshima dan Nagasaki.
  • Berdasarkan hubungannya dengan jepang, BPUPKI dibentuk  oleh pemerintah jepang dan dianggotai oleh beberapa orang Jepang. Sedangkan PPKI dibentuk oleh orang Indonesia dan tidak dianggotai oleh satu pun orang Jepang.
  • Berdasarkan Jumlah Anggota, BPUPKI berjumlah 67 orang. Sedangkan PPKI berjumlah 21 orang.
  • Berdasarkan Ketuanya, ketua BPUPKI adalah Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. Sedangakan ketua PPKI adalah Ir. Soekarno.
  • Berdasarkan Tugas utamanya, tugas BPUPKI adalah mempersiapkan hal hal yang diperlukan dalam mengelola tata pemerintah pasca kemerdekaan. Sedangkan tugas PPKI adalah melanjutkan tugas BPUPKI dan mempercepat proses kemerdekaan Indonesia.
  • Berdasarkan Hasil sidang, BPUPKI adalah menyusun rancangan Undang Undang Dasar 1945. Sedangkan PPKI adalah Meresmikan Undang Undang Dasar 1945.
✅BAJA JUGA:  sebuah pompa air dapat menaikkan 15 liter air tiap menit dari sumur yang dalamnya 6 meter. air disemburkan oleh pompa ini dengan kecepatan 8 m/s . daya pompa tersebut adalah ?

Pelajari Lebih Lanjut :

Materi tentang BPUPKI brainly.co.id/tugas/12673

Materi tentang BPUPKI brainly.co.id/tugas/20510

Materi tentang perbedaan BPUPKI dan PPKI brainly.co.id/tugas/1991874

Materi tentang Sidang BPUPKI brainly.co.id/tugas/2366761

_____________________________________________

Detail Jawaban :

Kelas : 7

Mapel : IPS

Bab : 1

Kode : 7.10.1

Kata Kunci : Sidang BPUPKI




Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.