Jelaskan latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok!

Soal:





Jelaskan latar belakang terjadinya peristiwa rengasdengklok!




 Jawaban:


Latar belakang peristiwa Rengasdengklok adalah adanya perbedaan pendapat antara tokoh pemuda dan golongan tua  pasca menyerahnya Jepag terhadap sekutu pada 15 Agustus 1945.

Pembahasan

Setelah mendengar Syarir mendengar berita Jepang menyerah kepada Sekutu dari siaran radio Amerika pada 15 Agustus 1945, ia menyampaikan berita itu kepada Drs. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno. Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menuju rumah Laksamana Maeda yang bertugas sebagai Wakil Angkatan Laut Jepang di Jakarta. Laksamana Maeda membenarkan bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu.

✅BAJA JUGA:  Buatlah peta jaringan perdagangan pada masa Sriwijaya dan Majapahit

Subadio Sastrosatomo dan Subianto (tokoh pemuda) menemui Drs. Moh. Hatta. Mereka meminta Drs. Moh. Hatta supaya mencegah PPKI mengumumkan kemerdekaan. Golongan pemuda kemudian mengadakan rapat di ruang Lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta (sekarang adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat). Rapat tersebut dihadiri oleh Chaerul Saleh, Wikana, Soebandrio dan  lain-lain.

Wikana dan Darwis pergi ke rumah Ir. Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada malam harinya. Mereka menyampaikan hasil rapat bahwa Proklamasi Kemerdekaan harus dilakukan pada 16 Agustus 1945. Tetapi golongan tua menolaknya.

✅BAJA JUGA:  Seorang petani memetik buah coklat setiap hari dan mencatatnya. buah cokelat pada hari ke-n memenuhi Un=30+10n. Banyak buah cokelat yang dipetik selama 20 hari pertama adalah

Akibatnya, terjadilah “Peristiwa Rengasdengklok”. Pada tanggal 16 Agustus pukul 04.00 WIB, Bung Hatta dan Bung Karno beserta Ibu Fatmawati dan Guntur Soekarno Poetra dibawa pemuda ke Rengasdengklok agar tidak terpengaruh oleh Jepang. Tujuannya mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Tokoh yang hadir pada pembacaan teks Proklamasi, dapat dilihat di: brainly.co.id/tugas/14423709

✅BAJA JUGA:  Mengapa aktivitas pertambangan dapat menimbulkan gejala pemusatan penduduk? tolong jawab yah

—————————-

Detil jawaban

Kelas: V

Mapel: IPS

Bab: Peristiwa dalam Keidupan (tema 7)

Kode; 5.10.7

kata kunci: latar belakang Rengasdengklok




Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.