Menurut kalian, telur itu termasuk sel, jaringan atau organ??

Soal Dari





Menurut kalian, telur itu termasuk sel, jaringan atau organ??




 Jawaban Yang Tepat Adalah


Telur merupakan sel karena tersusun atas satu sel. Telur memiliki inti, membran sel, sitoplasma dan organel. Kata telur dapat berarti sebagai sel gamet atau disebut juga sel ovum. Kata telur juga dipakai sebagai alat perkembangbiakan pada hewan ovipar.


Pembahasan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu melakukan perkembangbiakan. Pada hewan memerlukan perkembangbiakan untuk mempertahankan kelestarian jenisnya agar tidak punah. Perkembangbiakan pada hewan ada dua yaitu perkembangbiakan secara generatif (seksual) dan perkembangbiakan secara vegetatif (aseksual).

Perkembangbiakan secara generatif merupakan proses reproduksi yang melibatkan pembuahan antara gamet atau sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum). Adapun perkembangbiakan vegetatif merupakan proses reproduksi yang tidak melibatkan pembuahan antara gamet atau sel kelamin jantan (sperma) dan sel kelamin betina (ovum).

A. Perkembabiakan Makhluk Hidup Secara Aseksual

Beberapa hewan melakukan reproduksi aseksual karena merupakan bagian dari siklus hidupnya dan beberapa karena pengaruh lingkungan yang ekstrem. Sifat individu yang terbentuk dari reproduksi aseksual adalah sama dengan induk. Oleh karena itu sedikit atau tidak ada variasi genetik yang ditemukan pada individu hasil reproduksi ini.

✅BAJA JUGA:  Sebutkan Syarat-syarat terbentuknya ASEAN bagi anggota ASEAN?.......

Beberapa contoh cara perkembangbiakan yang dilakukan hewan secara aseksual antara lain:

1. Tunas (Budding)

Munculnya individu baru dari tubuh induknya. Individu tersebut terbentuk dari tonjolan pada bagian tubuh induk. Seperti karakteristik dari pertunasan individu akan tumbuh disekitar posisi induk, sehingga akan terbentuk koloni dari hewan tersebut. Pertunasan biasanya terjadi pada hewan yang sesil atau menempel di dasar perairan. Contohnya adalah porifera, Hydra, dan spons.

2. Fragmentasi

Terbentuknya individu baru yang berasal dari potongan-potongan tubuh induknya. Hewan yang mampu melakukan fragmentasi memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi, sehingga tiap potongan dapat tumbuh menjadi individu baru. Contohnya adalah cacing Planaria.

3. Membelah Diri (Fussion)

Pemisahan diri tubuh induk menjadi dua individu yang sama besar. Contohnya adalah hewan bersel satu seperti Amoeba, Paramaecium, bakteri dan Euglena.

4. Partenogenesis

Merupakan pertumbuhan dan perkembangan embrio atau biji tanpa didahului dengan fertilisasi atau pembuahan oleh induk jantan. Partenogenesis terjadi secara alami pada beberapa spesies termasuk tumbuhan tingkat rendah, invertebrata (contohnya adalah kutu air, kutu daun, lebah, semut), dan vertebrata (contohnya adalah beberapa reptil, ikan, burung, dan hiu).

✅BAJA JUGA:  Sebutkan negara-negara dibenua afrika yang dilalui garis khatulistiwa !

Pelajari lebih lanjut tentang partenogenesis di: brainly.co.id/tugas/17666904.

5. Metagenesis

Metagenesis merupakan siklus hidup makhluk hidup dimana dalam siklus tersebut terjadi pergantian reproduksi yaitu secara generatif (seksual) dan secara vegetatif (aseksual). Contohnya adalah lumut, paku, ubur-ubur dan hydra.

Pelajari lebih lanjut tentang tahap metamorfosis di: brainly.co.id/tugas/17880819.

Pada kelomook hewan dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi. Hewan tingkat rendah sering disebut invertebrata, sedangkan hewan tingkat tinggi disebut vertebrata.

B. Perkembangiakan Makhluk Hidup Secara Seksual pada Hewan Tingkat Rendah

Proses  perkembangbiakan secara generatif terbagi menjadi dua, yaitu konjugasi dan heterogami (anisogami).

1. Konjugasi

Konjugasi merupakan perkembangbiakan generatif pada makhluk hidup yang belum dapat dibedakan jenis kelaminnya. Pada konjugasi ini terjadi pertukaran sejumlah materi inti antara satu individu dengan individu lainnya. Contohnya adalah Paramaecium.  

✅BAJA JUGA:  Mengapa gejala alam indonesia dikatakan hampir sama dengan gejala alam di negara-negara Asia Tenggara?

2. Heterogami

Merupakan cara perkembangbiakan yang mempertemukan dua buah sel kelamin yang berbeda, baik bentuk, ukuran, maupun tingkah lakunya. Sel kelamin jantan disebut sperma. Adapun sel kelamin betina disebut ovum (sel telur). Cara perkembangbiakan heterogami pada hewan rendah dapat dijumpai  pada hydra, cacing dan serangga.  

C. Perkembangbiakan Seksual Pada Hewan Tingkat Tinggi

Pada hewan tingkat tinggi pembuahaan (fertilisasi) sperma dan sel telur (ovum) terjadi di luar atau di dalam tubuh induk betinanya. Contoh hewan yang melakukan pembuahan diluar, antara lain ikan dan amfibi. Adapun reptil, burung dan mamalia pembuahaannya ada di dalam tubuh induk.

Cara perkembangbiakan hewan tersebut dapat berupa:

  • Vivipar yaitu perkembangbiakan dengan cara melahirkan. Contohnya adalah sapi, kera, kerbau.
  • Ovipar yaitu perkembangbiakan dengan cara bertelur. Cotohnya ayam, pinguin, burung.
  • Ovovivipar perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan. Contohnya adalah kadal dan ular.

Pelajari lebih lanjut tentang reproduksi tumbuhan di: brainly.co.id/tugas/23181514.


Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Ba: Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Kode: 7.4.2




Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.