Apa yang menyebabkan masyarakat desa lebih memilih bekerja di perkotaan

Soal Dari





Apa yang menyebabkan masyarakat desa lebih memilih bekerja di perkotaan




 Jawaban Yang Tepat Adalah


Penyebab masyarakat desa lebih memilih bekerja di perkotaan adalah karena jumlah peluang kerja di perkotaan lebih banyak dan upah lebih tinggi. Banyaknya masyarakat desa yang bekerja di perkotaan dapat meningkatkan arus urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Hal ini menimbulkan berbagai dampak positif dan negatif bagi wilayah desa dan wilayah kota.

✅BAJA JUGA:  Berapa nilai x dari persamaan3 per 5X- 2 per 6 X = 2


Pembahasan

Menurut Bintarto, desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik, dan kultural yang terdapat di suatu daerah dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal-balik dengan daerah lain. Desa terbentuk dari tiga unsur berikut ini:

  1. Penduduk
  2. Wilayah
  3. Tata kehidupan

Pelajari lebih lanjut tentang unsur desa di:
brainly.co.id/tugas/14242042.

Perlu kamu ketahui bahwa desa memiliki karakteristik yang dibedakan menjadi dua, yaitu karakteristik fisik dan karakteristik non fisik atau sosial. Karakteristik fisik desa meliputi hal-hal berikut ini:

  1. Tata guna lahan didominasi sektor agraris, yaitu sebagian besar lahan di desa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang mendukung perekonomian desa, seperti sawah, tegalan, dan perkebunan.
  2. Luas wilayah lebih besar daripada jumlah penduduk, yaitu kondisi kependudukan di desa tidak padat karena banyaknya penduduk yang melakukan urbanisasi untuk mencari fasilitas kehidupan yang lebih baik.
  3. Pola permukiman bergantung pada kondisi lingkungan, yaitu pola permukiman penduduk desa bergantung pada topografi dan kondisi lingkungan yang dibedakan menjadi empat pola permukiman (linier, radial, menyebar, dan mengelompok).
✅BAJA JUGA:  Sebutkan 5 perbuatan konkret yang menunjukkan sikap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam keluarga,sekolah,dan lingkungan tempat tinggal.

Sedangkan karakteristik non fisik atau sosial desa terdiri dari hal-hal berikut ini:

  1. Adat istiadat masih kuat.
  2. Bersifat gemeinschaft (paguyuban).
  3. Pola pikir penduduk masih irrasional.
  4. Penduduk bersifat homogen (tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan status sosial).

Pelajari lebih lanjut tentang karakteristik desa di: brainly.co.id/tugas/92387.

Detil jawaban

Kelas: XII

Mapel: Geografi

Ba: Interaksi Keruangan Desa dan Kota

✅BAJA JUGA:  Klipping karya seni rupa zaman islam diindonesia

Kode: 12.8.2

#AyoBelajar




Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.