Dampak negatif dan positif politik Etis (balas budi) bagi belanda dan indonesia??

Soal Dari





Dampak negatif dan positif politik Etis (balas budi) bagi belanda dan indonesia??




 Jawaban Yang Tepat Adalah


Kode Soal   : 11.03.05
Kelas           : XI (2 SMA)


Pelajaran     : Sejarah

Kategori      : Masa Kolonial Hindia-Belanda
Kata Kunci  : Politik, Etis, Balas, Budi, Tugas Sejarah

❖  DAMPAK NEGATIF

Pada tahap pelaksanaan politik etis, banyak terjadi penyimpangan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengutamakan kepentingan pihak belanda. Penyimpangan tersebut antara lain sebagai berikut:

✅BAJA JUGA:  Ulasan ttg karya seni nusantara, buru2 nih.. SBK

IRIGASI: Hanya ditujukan untuk perkebunan dan persawahan swasta milik Belanda sendiri. Adapun milik rakyat tidak mendapat perbaikan dan pengairan. Dengan demikian dampak negatif penyelewengan ini adalah dominasi ekonomi yang justru semakin lebar.

EDUKASI: Ditujukan bukan untuk semua golongan rakyat melainkan hanya untuk anak pegawai pribumi dan anak golongan mampu saja. Inipun dilakukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan tenaga administrasi yang cakap namun murah.

✅BAJA JUGA:  Pada pengungkit,jika lengan kuasa diperpendek,gaya akan

TRANSMIGRASI/MIGRASI: Program transmigrasi dan migrasi dilaksanakan namun dengan tujuan utama untuk mengirim tenaga kerja ke wilayah perkebunan belanda di luar jawa. 

❖  DAMPAK POSITIF

Meski pelaksanaan politik etis berdampak negatif pada bangsa Indonesia namun tanpa disadari pemerintah Belanda, MUNCUL GOLONGAN TERPELAJAR yang mulai memahami pentingnya nasionalisme dan bercita-cita untuk hidup sejahtera, maju dan sejajar dengan bangsa lain. 

✅BAJA JUGA:  sebuah gelombang sonar dipacarkan oleh sebuah kapal menyapu ranjau. dalam 2sekon, gelombang sonar pantul diterima oleh hydrophone, akibat terpantul oleh sebuah objek yang diduga berupa ranjau laut. tentukan jarak objek ( ranjau ) dengan kapal , jika cepat rambat gelombang sonar 360 m/s ??

Golongan terpelajar ini sadar bahwa untuk meraih membebaskan diri dari penjajahan maka harus dibentuk organisasi pergerakan nasional yang sifatnya modern yang mewadahi perjuangan politik, ekonomi, sosial, pendidikan juga budaya. Dari sinilah perwujudan kemerdekaan Indonesia mulai dirintis.

Untuk memahami materi ini, silahkan simak penjelasan pada tautan berikut: 

Sejarah Budi Utomo brainly.co.id/tugas/2789320
Tujuan Budi Utomo brainly.co.id/tugas/1397782



Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.