Apa yang dimaksud dengan okulasi?

Soal Dari





Apa yang dimaksud dengan okulasi?




 Jawaban Yang Tepat Adalah


  • Okulasi atau menempel adalah penempelan atau penggabungan mata tunas pada batang tanaman sejenis yang akan dijadikan induk.
  • Okulasi adalah salah satu cara memperbaiki kualitas tumbuhan secara vegetatif buatan.

Pembahasan

Okulasi dilakukan dengan cara menempelkan mata tunas dari suatu tanaman kepada tanaman lain, dengan teknik dasar yakni penempelan atau penggabungan batang bawah dengan batang bagian atas.

Tujuan okulasi adalah sebagai berikut:

  • Menggabungkan sifat yang baik dari masing-masing tanaman yang diokulasi sehingga mendapatkan variasi sifat tumbuhan yang baik.
  • Menggabungkan dua tumbuhan yang berbeda sifatnya, sehingga dihasilkan tumbuhan yang memiliki dua jenis buah atau bunga yang berbeda.
✅BAJA JUGA:  sebuah transformator perbandingan lilitan primer dan sekunder adalah 4:1. transformator trsebut dihubungkan dngn tegangan 110 V. maka tegangan yg dihasilkan adalah

Struktur tumbuhan yang akan ditempeli harus kuat. Sebagai contoh, okulasi pada bunga mawar akan menghasilkan dua warna atau lebih yang berbeda. Perhatikan pada buah mangga, batang bawah memiliki struktur akar yang kuat dan dalam serta tahan terhadap penyakit. Batang atas berbuah banyak, besar, dan manis.

Dengan okulasi batang bawah terhadap batang atas, bisa diperoleh pohon mangga dengan akar yang kuat dan tahan terhadap penyakit sekaligus berbuah lebat dan manis. Pada umumnya okulasi dapat mempercepat tanaman berbuah karena batang atas sudah melewati masa muda.

✅BAJA JUGA:  Ceritakan jatuhnya kabinet tojo

Langkah-langkah dalam melakukan okulasi adalah sebagai berikut.

  1. Kita ambil mata tunas pada tanaman A.
  2. Sayat kulit batang pada tanaman B hingga cukup memanjang.
  3. Tempelkan mata tunas tanaman A ke batang tanaman B yang kulitnya telah disayat dan dibuka sebagian.
  4. Kelebihan kulit batang ditutup dengan tali plastik. Ikat dengan kencang sambungan mata tunas dan batang. Okulasi yang berhasil ditunjukkan dengan mata tunas akan berwarna hijau, tumbuh dan menyatu dengan batang utama.

Pelajari lebih lanjut

  1. Kesimpulan dari perkembangan vegetatif brainly.co.id/tugas/3055663
  2. Reproduksi perkembangan vegetatif dan generatif tumbuhan brainly.co.id/tugas/2880991
✅BAJA JUGA:  5W + 1H-nya gimana nih gan , bantu ya, Tak Tercantum di Jadwal Pemeriksaan, Bu Pur Sambangi, KPK, B, Pur mengaku tak diperiksa KPK hari ini. , ddd, Rabu, 15 Januari 2014, 17:31 Ita, Lismawati F. Malau, Taufik, VIVAnews - Sylvia Soleha alias Bu Pur, mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu 15 Januari 2014. Padahal,, tak ada nama Sylvia Soleha dalam jadwal pemeriksaan KPK hari ini. , Saat keluar dari Gedung KPK, Bu Pur ditemani seorang kerabatnya. Dia menolak, berkomentar saat ditanya maksud kedatangannya ke KPK. , Namun, dia mengaku tidak diperiksa. "Enggak, enggak diperiksa., Terima kasih," ujarnya., Nama Sylvia disebut-sebut ikut mengurusi anggaran proyek, Hambalang, Bogor agar berubah dari tahun tunggal ke tahun jamak. Dia, sudah pernah diperiksa, baik oleh KPK maupun Majelis Hakim Pengadilan Khusus, Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta., Saat, bersaksi di Pengadilan Tipikor 10 Desember 2013, Bu Pur menyatakan kecewa, dengan penyidik KPK yang dianggap merekayasa keterangannya saat proses, penyidikan. , Di antaranya seputar pengakuan bahwa dia ditulis pernah mengurus perkembangan, kontrak tahun jamak proyek Hambalang ke Sudarto, staf Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu., Istri rekan seangkatan Presiden SBY di Akademi Militer itu ngotot tak pernah, mengajukan pengurusan kontrak tahun jamak proyek Hambalang. "Tidak pernah., Tidak benar. Bukan saya yang tidak benar, tapi penyidiknya yang tidak, benar," kata Bu Pur ketus., Mengenai tuduhan tersebut, KPK sudah membantahnya. Juru Bicara KPK, Johan Budi, mengatakan setiap selesai menjalani pemeriksaan di KPK, saksi maupun tersangka, disodorkan BAP untuk diperiksa, apakah ada yang kurang atau tidak sesuai dengan, kesaksian., “Kalau ada yang salah, dikoreksi lalu ditandatangani,” kata Johan. Ia, mempertanyakan pengakuan Bu Pur yang menyebut BAP itu direkayasa., Apalagi setiap pemeriksaan di KPK dilengkapi dengan rekaman audio dan video, pemeriksaan. Hasil rekaman kemudian menjadi bahan yang dituangkan dalam berkas, pemeriksaan. “Jadi tidak benar kalau penyidik menambahkan pertanyaan (secara, sepihak),” ujar dia. (eh),

———————-

Detil jawaban

Kelas            : VIII

Mapel          : Biologi

Bab              : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Kode            : 8.4.6

Kata Kunci : apa yang dimaksud okulasi, menempel, penempelan, gabung, batang, atas, bawah, mata tunas, sifat, buah, bunga, mawar, warna, berbeda, mangga, akar, kuat, lebat, manis, perkembangbiakan tumbuhan, vegetatif buatan, brainly













Semoga Membantu : https://bayviewpublishing.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.