Runtuhnya Kekaisaran Romawi membawa dampak kemunduran bagi bangsa Eropa. Zaman ini dinamakan

Runtuhnya Kekaisaran Romawi membawa dampak kemunduran bagi bangsa Eropa. Zaman ini dinamakan

A. Zaman Kemunduran.
B. Renaissance.
C. Kolonialisme.
D. Dark Age.
E. Revolusi Industri.

Jawaban:

D. Dark Age.

Pembahasan:

Eropa mulai mengalami kemunduran diberbagai bidang pada tahun 476 M. Hal ini terjadi karena lemahnya Kekaisaran Romawi, baik dari segi pemerintahan, militer, maupun sosial dan ekonomi. Namun, pada masa ini Gereja semakin menguat dan seolah-olah mengambil alih kekuasaan di Eropa, sehingga semua harus patuh pada kebijakan dan ajaran Gereja.

✅BAJA JUGA:  Simbol dan sifat bahan kimia?

Zaman ini ditandai dengan tampilnya para teolog di lapangan ilmu pengetahuan. Para ilmuan tersebut hampir semua adalah para teolog. Akibatnya, aktivitas ilmiah selalu dikaitkan dengan aktivitas keagamaan. Semboyan yang berlaku bagi ilmu pada masa itu adalah ancilla theologia yang artinya abdi agama.

Zaman pertengahan juga dinamakan Abad Kegelapan (Dark age). Hal ini disebabkan perkembangan ilmu pengetahuan yang sudah ada sejak zaman Yunani dan Romawi menjadi terhenti di Eropa. Pada waktu itu agama Kristen berkembang di Eropa. Kekuasaan gereja begitu dominan dan sangat menentukan kehidupan di Eropa. Semua kehidupan harus diatur dengan doktrin gereja atau hukum dan ketentuan Tuhan. Gereja tidak memberikan kebebasan berpikir. Hal ini telah menyebabkan kemunduran bagi perkembangan ilmu pengetahuan

✅BAJA JUGA:  Contoh anekdot kriminal

Leave a Reply

Your email address will not be published.