Perubahan konsep dalam bidang politik yang terjadi akibat kedatangan Islam adalah

Perubahan konsep dalam bidang politik yang terjadi akibat kedatangan Islam adalah

A. Bergesernya kekuasaan Raja menjadi berada di bawah dewan.
B. Raja merupakan wakil Tuhan yang memerintah di Bumi (Khalifatullah).
C. Raja tidak memiliki lagi kekhususan ketika meninggal dan dikubur di makam biasa.
D. Raja dilarang memerintah berdasarkan agama dan kepercayaan.
E. Keluarga raja tidak lagi diangkat menjadi Bangsawan dan hanya menjadi rakyat jelata.

✅BAJA JUGA:  Jika lingkaran memiliki jari jari 8m, berapakah panjang lintasan yang ditempuh?

Penjelasan:

Sistem pemerintahan yang dianut Indonesia sebelum masuknya pengaruh Islam adalah sistem pemerintahan kerajaan dengan konsep dewa raja. Pimpinan tertinggi dalam sebuah kelompok adalah seorang raja yang diyakini sebagai titisan atau reinkarnasi dewa (dewa Syiwa ataupun dewa Wisnu). Konsep Ini melegitimasi pemusatan kekuasaan pada raja.
Dalam menjalankan pemerintahannya raja dibantu sejumlah pejabat yang bertugas sesuai fungsinya, misalnya urusan ketatanegaraan, agama, dan hukum. Seorang raja harus berwibawa dan dipandang memiliki kekuatan gaib. Oleh karena raja memiliki kekuatan gaib, raja dipandang dekat dengan dewa. Raja kemudian disembah dan saat raja sudah meninggal rohnya dipuja.
Setelah masuk pengaruh Islam ke Indonesia sistem pemerintahannya tidak jauh berbeda. Kerajaan disebut dengan kesultanan, sehingga pemimpinnya disebut dengan sultan (raja dalam Bahasa Arab). Ia merupakan pemipin tertinggi. Namun terdapat perubahan yaitu pengkultusan dewa yang dimiliki seorang raja pada masa kerajaan Hindu dan Budha tidak lagi terdapat di masa Islam. Di masa Islam, seorang sultan memperkuat kedudukannya dengan mengaitkan dirinya melalui garis keturunan pada Nabi Muhammad SAW.
Dalam kepercayaan Agama Islam, Tuhan (Allah) dipercaya tidak dapat diserupakan dengan makhluk ciptaannya, Dia tidak dipercaya akan menitis menjadi seorang manusia yang merupakan ciptaannya, namun, Tuhan dipercaya menunjuk manusia sebagai Khalifah (pemimpin) di muka Bumi untuk membawa keteraturan dalam kehidupan di muka Bumi, maka konsep Dewaraja yang digunakan pada masa Kerajaan Hindu dan Budha bergeser menjadi konsep raja sebagai Khalifatullah (wakil Tuhan sebagai pemimpin) di muka bumi ini.

✅BAJA JUGA:  Apa contoh dari tayangan anekdot ?

Jawaban:

B. Raja merupakan wakil Tuhan yang memerintah di Bumi (Khalifatullah).

Leave a Reply

Your email address will not be published.