Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya

Sebutkan batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya!

Pembahasan:

Didirikan di Bangkok pada 8 Agustus 1967. ASEAN merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. Pada awal berdirinya, ASEAN hanya terdiri dari lima negara anggota yang tak lain adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kemudian disusul oleh Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan terakhir Kamboja. Terdapat pembagian batas wilayah ASEAN sesuai dengan letak geografisnya. Letak geografis sendiri adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi. Berikut pembagian beberapa batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya.

✅BAJA JUGA:  Sebutkan tiga kesamaan negara negara di asia tenggara

Batas di utara: China, Laut China Selatan
Batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini
Batas di selatan: Samudera Hindia
Batas di barat: Samudera Hindia, India

Dengan demikian, batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah batas di utara: China, Laut China Selatan, batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini, atas di selatan: Samudera Hindia dan batas di barat: Samudera Hindia, India.

✅BAJA JUGA:  Gambar kasus yang bertentangan dengan prinsip demokrasi pancasila

Jawaban:

batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografisnya adalah batas di utara: China, Laut China Selatan, batas di timur: Samudera Pasifik, Papua Nugini, atas di selatan: Samudera Hindia dan batas di barat: Samudera Hindia, India.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.