Sebutkan 4 faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara!

Sebutkan 4 faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga Negara!

Jawaban :

1. Sikap egois

Sikap egois dapat memicu terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara. Contohnya, pengendara mobil yang memacu kendaraannya di atas batas yang sudah ditentukan sehingga pengguna jalan lain merasa terganggu. Tindakan tersebut dipicu oleh rasa egois pengendara mobil yang menggunakan jalan sesuka hatinya. Padahal, jalan merupakan fasilitas umum. Setiap orang berhak menggunakannya.

✅BAJA JUGA:  Sebutkan usaha-usaha yang dilakukan untuk memajukan peternakan di Indonesia

2. Rendahnya kesadaran terhadap peraturan

Rendahnya kesadaran warga negara terhadap peraturan dapat memicu terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. Ketidakpatuhan terhadapa peraturan dapat memicu kerugian diri sendiri maupun orang lain. Contohnya, pedagang asongan berjualan di lampu merah. Terkadang mereka tahu adanya peraturan, tetapi mereka tidak mengindahkan peraturan tersebut di dasarkan atas pemenuhan kebutuhan hidup.

✅BAJA JUGA:  Apa sajakah jenis barang tambang mineral logam?

3. Sikap tidak toleran

Sikap tidak toleran adalah sebuah sikap tidak menghargai kebiasaan, kelakuan, atau kepercayaan yang berbeda dengan diri sendiri. Contohnya, sikap tidak toleran kepada sesama umat beragama dapat memicu terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. Orang yang sedang beribadah mempunyai hak mendapatkan ketenangan, sedangkan orang lain berkewajiban tidak mengganggunya. Apabila satu sama lain bersikap tidak toleran, akan menimbulkan konflik antarumat beragama.

4. Penyalahgunaan kekuasaan

Penyalahgunaan kekuasaan dapat dilakukan pemerintah selaku pemegang otoritas kekuasaan. Pemerintah kadang mengabaikan kepentingan publik demi kepentingan sebagi golongan. Contohnya, para pejabat melakukan korupsi. Mereka telah menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan kepentingan publik demi kepentingan sebagi golongan. Contohnya, para pejabat melakukan korupsi. Mereka telah menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan dirinya sendiri dan mengabaikan hak rakyat.

✅BAJA JUGA:  Tujuan meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ika

Penjelasan :

Hak dan kewajiban warga negara adalah meliputi pekerjaan dan penghidupan yang layak, mempertahankan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published.