Pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah

Pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah

A. Mochtar Lubis memperlihatkan sikap jiwa yang ditemukan pada diri orang-orang masa revolusi melalui tokoh Hasil dan Guru Isa.
B. Kekuatan novel ini tidak hanya terletak pada realitas hidup tokoh Ongga yang sulit diduga.
C. Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat.
D. Novel ini termasuk novel serius yang tidak cukup menghibur seperti halnya dalam novel pop.
E. Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa buku ini sangat baik dibaca oleh orang yang terusik dengan ulah tamunya.

Jawaban Yang Benar Adalah :

C. Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat.

✅BAJA JUGA:  Tolong jelaskan tentang sejarah berdirinya ASEAN yang lengkap yaaa.....

Penjelasan:

Resensi adalah karangan yang berisi ulasan sebuah karya, baik itu yang berupa buku, film, ataupun album lagu. Isinya berupa penilaian atas keunggulan dan kelemahan karya tersebut.

Buku itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Buku fiksi merupakan buku yang berisi cerita, sifatnya imajinatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata fiksi berarti cerita rekaan atau khayalan yang tidak berdasarkan pada kenyataan. Contohnya: cerpen, novel, dongeng, drama, puisi, hikayat, fabel, mitos, komik, cerita rakyat.
  2. Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi kejadian sebenarnya dan bersifat informatif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nonfiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan (tentang karya sastra, karangan, dan sebagainya). Contohnya: karya tulis ilmiah, skripsi, tesis, disertasi, buku pelajaran, jurnal, buku ensiklopedia, biografi, literatur, esai, opini, dan pidato.
✅BAJA JUGA:  Bagaimanakah langkah-kangkah memahami makna tersirat

Berikut ini adalah analisis pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi, yaitu:

  • Pernyataan A yang berbunyi “Mochtar Lubis memperlihatkan sikap jiwa yang ditemukan pada diri orang-orang masa revolusi melalui tokoh Hasil dan Guru Isa” tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan B yang berbunyi “Kekuatan novel ini tidak hanya terletak pada realitas hidup tokoh Ongga yang sulit diduga” tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan C yang berbunyi “Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat” termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah buku literatur bisnis yang menjelaskan tentang ilmu berbisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat.
  • Pernyataan D yang berbunyi “Novel ini termasuk novel serius yang tidak cukup menghibur seperti halnya dalam novel pop” tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
  • Pernyataan E yang berbunyi “Tidak berlebihan pula jika dikatakan bahwa buku ini sangat baik dibaca oleh orang yang terusik dengan ulah tamunya” tidak termasuk kutipan resensi buku nonfiksi karena kutipan tersebut berasal dari isi sebuah novel, dan novel merupakan salah satu jenis buku fiksi.
✅BAJA JUGA:  Buatlah 5 contoh tentang asking for,giving and refussing things beserta artinya

 

Berdasarkan analisis di atas, pernyataan yang dikutip dari resensi buku nonfiksi adalah “Kemunculan buku ini telah memperkaya khasanah literatur bisnis khususnya bagi pengusaha konglomerat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.